Maroon 5 - Maps

Maroon 5 is back, guys. Adam Levine cs datang lagi dan ngga mau ketinggalan ikutan memanaskan musim panas 2014 dengan hits-nya. Kali ini ada "Maps" yang dirilis 16 Juni 2014 kemarin dan menandai dimulainya era album "V" (baca: Five) yang bakalan keluar bulan September nanti. Selain itu, Maps juga menandai kembalinya Jesse Carmichael sekaligus menandai bergabungnya salah satu band paling eksis di dunia ini dengan label rekaman barunya, Interscope.


Diproduseri oleh Benny Blanco, Ryan Tedder, dan Noel Zancanella, Maps menjadi sebuah anthem pop dibalut beat yang menghentak. M5 juga sempat merilis teaser untuk lagu ini via Instagram mereka beberapa hari jelang perilisan lagu ini. Banyak Marooners yang nahan napas saking gregetannya pengen dengerin lagu ini secara utuh. Hingga akhirnya, lagu ini sampe juga di radio-radio Amrik tanggal 16 Juni pukul 06.00 waktu setempat (Sekitar jam 19.00 WIB mungkin, soalnya gua dengerinnya jam segitu). 

Maps menampilkan nuansa pop rock yang bergaya funky ala-ala M5. Chorusnya ngga terlalu meledak-ledak, tapi tetep catchy dan danceable. Beat uptempo dan elemen gitar yang khas menjadi sajian lain yang patut dinikmati dari lagu ini. Agak sedikit santai di awal dan dibangun menjadi hits yang powerful di bagian chorus. Yang ngga kalah menarik, ada sedikit unsur soul di lagu ini.

Personally, gua ngerasa aneh saat pertama kali dengerin lagu ini. Maps sepintas kedengeran sangat berbeda dari lagu-lagu Maroon 5 sebelumnya. Tapi guys, setelah beberapa kali denger lagu ini, "gua rasa" Maps bisa dibilang lagu era "Songs About Jane" yang gaul sama "Overexposed"

Ada juga Marooners yang speechless, disappointed, atau apalah itu setelah dengerin lagu ini. Gua pikir sah-sah aja karena ekspektasi masing-masing orang beda. Mungkin mereka ngarepin Payphone 2.0 kali ya. Emang, sih. Pasti banyak yang membandingkan lead-single album Overexposed tadi dengan Maps. Tbh, Payphone emang lebih easy-listening, lebih memorable. Tapi, Maps juga punya karakter tersendiri yang bikin lagu ini bisa masuk deretan lagu-lagu terbaik M5.

Gua sendiri merasa lagi ini oke-oke aja. Entahlah ini bias atau bukan. Yang gua tangkap, Maroon 5 disini pengen menampilkan sound yang fresh tapi tetep funky seperti biasa. Btw, gua saranin buat dengerin lagu ini lebih dari sekali. Bakalan ada sepersekian bagian yang stuck di otak.

Maps sendiri bercerita tentang seseorang yang kehilangan orang yang dia sayang dan berusaha untuk mendapatkannya kembali dengan ngikutin petunjuk dari "Maps" itu. 

"So I'm following the map that leads to you" 


Gua ngasih 4.0/5 buat lagu ini. Gua suka eksperimen dan effort yang mereka lakukan untuk bikin sesuatu yang fresh dan pas banget buat summer 2014. Entah perasaan gua aja atau emang bener, tapi kayanya pemakaian autotune di vokalnya Adam  kebanyakan, deh. Kalo bisa lebih natural bagus tuh. By the way, download lagunya di sini

Banyak yang memprediksi lagu ini bisa jadi chart-topper di musim panas 2014 ini. Emang radio-friendly banget, as usual. Jadi, makin ngga sabar buat nungguin single selanjutnya dan perilisan album "V" sendiri. Anyway, kalo gua disuruh milih "Payphone" atau "Maps", jujur gua pilih Payphone. Mungkin karena Payphone tuh gua banget. Satu lagi, haters mending lu following-following "Maps"-nya Maroon 5, deh. Biar ngga makin tersesat. Hahah.

Comments

Popular Posts