Interview Batin: Ikutan PPSMB

Prolog. Setelah sempet hampir salah jurusan (untungnya ngga keterima) dan kebingungan gara-gara keterima di dua tempat, akhirnya gua sampai ke Teknik Kimia-UGM. Udah segitu aja prolognya.

Ya, sekarang gua lagi sibuk-sibuknya berjibaku dengan PPSMB dan baru-baru ini gua abis di-interview sama batin sedikit soal PPSMB UGM. Mending di cek langsung deh. 

PPSMB apaan sih, duw?

Sebagai seorang mahasiswa baru, ngga jauh-jauh lah pastinya ketemu temen-temen baru, suasana baru, tantangan yang makin-makin. Ya, buat yang udah mengalami kondisi kaya gini, kalian tau sendiri lah bagaimana rasanya. Nah, ada juga istilah "ospek" atau semacamnya yang emang wajib buat para junior kaya gua. Tapi di UGM beda. Ngga ada istilah ospek-ospek-an, yang ada tuh PPSMB. PPSMB itu. Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru. 

Bedanya sama ospek apaan? 

Gak terlalu beda sih, tin. Ya istilahnya seribu-dua ribu. *eh itu jauh bener, ya* Ampunin aja deh. Maklumin aja lagi laper. Biasa, anak kos-kosan gelonggongan. Beda deh pokonya, kalo ospek mungkin identik dengan isu-isu per-pelonco-an, kekerasan, dll. Nah, kalo PPSMB lebih kaya masa integrasi dari kehidupan SMA ke dunia perkuliahan. Tau kampus lebih dalam, kenal teman-teman sesama gamada (Maba UGM), bahkan kalo hoki bisa nemuin gebetan baru juga. Udah eh. Mulai ngawur nih. 

Kegiatannya ngapain aja, sih? 

Wah banyak banget, tin. Mulai dari tanggal 16 Agustus kemaren ada GR (gladi resik- red). Terus, 18-19 bakalan ada PPSMB Palapa yang wajib buat semua Gamada 2014. Tanggal 20-21 ada PPSMB Prisma (khusus fakultas teknik), dilanjut pelatihan softskill selama dua hari. Akhirnya, ada inagurasi tanggal 24 Agustus. Eh. Belum kelar tapi. Abis itu masih ada Polimer (khusus untuk gamada tekkim) yang belum tau bakalan berapa lama. 

Capek ngga?

Kalo ditanya soal capek atau engga agak bingung sih. Capek, tapi setimpal dengan apa yang gua dapetin. Btw, ini baru Pra-PPSMB loh. Pertarungan baru dimulai, sahabat.

Ada tugas kaya MOS SMA juga, ya?

Ada, tin. Tapi ngga cuma name tag atau properti buat badan. Malahan, ada tugas ngerjain soal juga. Ngomong-ngomong soal tugas, dari sebelum lebaran aja gua (dan yang lain pastinya) udah kudu ngerjain tugas-tugas ini-itu. Awalnya males. Males banget malah, tapi kalo dipikir-pikir kayanya otak gua juga udah lama ngga dipake kerja. Yaudahlah kerjain aja sedikit-sedikit. Itung-itung pemanasan otak sebelum kuliah. Oh iya, gua jadi tau lebih banyak soal kampus gua ini. 

Tujuan acaranya sebetulnya apaan, sih? Kayanya seru banget.

Tujuannya ya itu tadi. Pengen memperkenalkan kampus ke gamada-gamada 2014. 

So, menurut lo PPSMB bermanfaat atau engga, duw?

Banget, tin. Percaya deh sama gua. Gua orangnya bener-bener jarang boong. Hahahah. Baru Pra-PPSMB aja gua udah ketemu temen-temen baru yang asik. Harapan gua sih gua bakalan ketemu Accordion kedua. Ngga harus terlalu banyak, yang penting solid. Solidnya yang beneran, bukan cuma lisan atau tulisan doang. Lebih dari itu, gua juga sedikit-demi-sedikit jadi tau soal gimana kehidupan perkuliahan itu. Ini semua juga biar gua ngga terlalu kaget dengan dunia perkuliahan yang katanya keras. Btw, gua sempet beberapa kali dioper dari unit satu ke unit lain. In the end, gua dapet temen baru yang super asik, super solid, dan ga di mulut doang.

Btw, iklas kan lu gua tanya-tanya gini?

Iklas-ngga iklas, sih. Lu laper ngga, Tin? Burjo masih buka kagak ye?

Batin pun terdiam membatin.

*krik

Comments

Popular Posts