Maroon 5 - "V" (track-by-track review)


Akhirnya, sedikit waktu senggang di masa-masa sibuk ini.

Langsung aja, ya. As one of Marooners, gua emang udah cukup sabar nunggu buat dengerin lagu-lagu baru dari Maroon 5 sejak era Overexposed (padahal baru dua tahun yang lalu). Pada akhirnya, Maroon 5 merilis album kelimanya yang berjudul "V" (baca: Five). Album yang dirilis tanggal 2 September 2014 ini menampilkan wajah M5 yang lebih funky. Dirilis via Interscope Record, V jadi album kedua Maroon 5 yang berhasil menduduki peringkat #1 di U.S. Billboard Top 200 Albums setelah sebelumnya mereka mendapuk titel yang sama dengan album keduanya, "It Won't Been Soon Before Long".


Okay, di postingan kali ini gua bakal bahas soal track-track yang ada di album ini. So check it out.

1. Maps

Hits yang satu ini udah pernah gua bahas di postingan sebelumnya. Tapi biar fair gua bahas dikit aja yo di sini. Lead single album ini berhasil mengantarkan Maroon 5 menembus Top 10 U.S. Billboard Hot 100 lagi. Hook lagu ini bener-bener funky dan asyik buat dance. Lagu ini menceritakan soal seorang cowo yang susah payah mencari ceweknya yang hilang. Anyway, gua rasa lagu ini punya kemiripan sama Am I Wrong-nya Nico & Vinz.

"But I wonder where were you, when I was at my worst"

2. Animals

Menurut gua pribadi, track ini adalah One More Night-nya "V". Gua langsung yakin kalau cepat atau lambat hits yang satu ini bakalan meroket. Dirilis sebagai single kedua album, Animals menampilkan paduan musik Pop dan R&B yang catchy dan hook yang mematikan. Bakalan ada sepersekian bagian dari lagu ini yang nyantol di otak setelah pertama kali dengar. Lagu ini menceritakan kisah seorang cowo yang memburu cewe idamannya dengan intens dan liar. Sampai saat ini, lagu ini berhasil stay di posisi #3 U.S. Billboard Hot 100.

"Preyin' on you tonight, hunt you down, eat you alive.  
 Just like animals"

3. It Was Always You

Track berdurasi 4 menit ini dipilih menjadi promotional single untuk album ini. It Was Always You terdengar lebih elektrik bila dibandingkan dengan lagu-lagu Maroon 5 pada umumnya. Lagu ini menceritakan kisah seseorang yang baru menyadari kalau orang yang sebetulnya dia cintai sudah didepannya sejak dulu. 


"No more guessing who. Looking back now, 
I know it was always you."

4. Unkiss Me

Track mid-tempo yang satu ini bercerita soal seseorang yang susah move on. Unkiss me, untouch me, untake this heart. Jadi, buat kalian yang merasa masih dalam bayang-bayang masa lalu boleh dah tuh coba denger hits Pop campur R&B ini.

5. Sugar

Banyak yang menggadang-gadang kalau track ini cocok jadi next single album ini. Di lagu ini M5 tampil dengan wajah pure-pop yang catchy dan asyik. Bercerita tentang seseorang yang lagi berantakkan namun tiba-tiba menemukan sosok lain (sebut saja "si gula") yang bisa memaniskan hidupnya.  


"You show me good loving, make it alright, 
need a little sweetness in my life. 
Sugar, yes please. Won't you come and put it down on me"

6. Leaving California

Gua pribadi langsung suka track mellow ini saat pertama kali denger. Dibuka dengan dentuman piano yang manis dan vokal Adam yang khas, ditambah slow tempo beat di bagian chorus. IMO, hits berdurasi 3 menit 23 detik ini bisa menjadi andalan mereka sebagai single selanjutnya. Bercerita tentang seseorang yang tidak mau melepaskan kekasihnya pergi dan ingin terus mempertahankan hubungan mereka.


"Even if the sun crashes into us, I won't let go"

7. In Your Pocket

Beat yang antemik dan elemen-elemen Pop R&B menjadi hidangan utama yang ingin ditonjolkan dari lagu ini. Track ini menceritakan soal seorang pria yang ingin membuktikan bahwa kekasihnya selingkuh dibelakangnya. Dia memaksa untuk melihat ponsel si cewe yang ditaruh di saku.


"It should be really easy if you have nothing to hide"

8. New Love

Track yang satu ini mungkin saja banyak menipu dan bikin banyak orang jingkrak-jingkrak karena iramanya yang danceable. Padahal track ini bercerita tentang seorang pria yang tengah berusaha keras untuk meminta maaf pada pacarnya dan pengen mulai semua dari awal, memulai cinta yang baru.


"But If I ever let you down, forgive me"

9. Coming Back For You

Kalau track yang satu ini bercerita soal kisah LDR. Lagu bergenre electropop ini bisa jadi opsi buat kalian yang mau menikmati sisi romantis dan danceable dalam suatu lagu. Oh iya, personally gua rasa lagu ini punya kemiripan sama Get Lucky-nya Daft Punk feat. Pharell Williams. Di lagu ini si cowok berjanji bakalan segera balik dan menemui pacarnya sehingga mereka bisa sama-sama lagi. 


"You know that I'm coming back for you. Don't you worry girl"

10. Feelings

Feelings adalah salah satu track berlabel explicit yang ada di album ini. Gua mengklaim track ini sebagai track dance paling funky yang dimiliki album ini. Track nomor 10 ini bisa jadi hits lantai dansa kalau di-push dengan strategi promosi yang tepat. Ngomong-ngomong, lagu ini bercerita tentang kegigihan seorang pria untuk merebut hati wanita yang sebetulnya sudah menjadi milik orang lain. Ehem. 


"I got these feelings for you and I can't help myself no more"

11. My Heart is Open

Dalam lagu ini Maroon 5 berkolaborasi dengan salah satu rekan Adam Levine sesama coach The Voice, Gwen Stefani. Mereka berhasil membangun sebuah hits ballad yang enak untuk dinikmati. Gua rasa eksperimen yang satu ini cukup berhasil. Ngomong-ngomong, dalam penggarapan lagu ini mereka juga dibantu oleh musisi sekaliber Sia.

"It won't take me long to find another lover but I want you"

12. Sex and Candy

Track yang satu ini bukan asli garapan Maroon 5. Lagu asli Marcy Playground ini dicover kembali oleh Adam cs tanpa begitu banyak perubahan dibanding versi aslinya. Tbh, gua juga belum ngerti-ngerti banget makna lagu yang satu ini.

"This surely is a dream"

13. Shoot Love

Dramatis di awal, dibalut beat menggebu, vokal Adam yang mengalir dengan indah, dan sedikit ornamen falsetto yang Adam banget, mungkin itu yang bisa gua deskripsiin dari lagu berdurasi 3 menit 10 detik ini. Dari kacamata gua juga, gua ngerasa kalo lagu ini cocok untuk dibawain buat ajang-ajang pencarian bakat soalnya bisa mengeksplorasi kemampuan si penyanyi untuk melakukan berbagai macam teknik vokal.

It's about to go down, would you let me talk to you?

14. Lost Stars

Buat yang mau enjoy dengan vokal Adam yang soft dan petikkan gitar yang mellow, track ini bisa jadi pilihan. Lost Stars yang juga merupakan salah satu soundtrack dari film Begin Again menyajikan kelembutan yang benar-benar nikmat di kuping. Cukup sekali putar, otak kalian bakal minta lagi dan lagi.

"But are we all lost stars trying to light up the dark?"

Itu dia track-track yang ada di album V (Deluxe Edition), buat kalian yang tergugah pengen download bisa klik link yang satu ini. Big 5 menurut gua ada: Animals, Maps, Sugar, Leaving California, dan In Your Pocket. Gak setuju? Leave a comment aja, yo.

Comments

Popular Posts