The Fabulous: Best 2014 Albums

Ngga ada yang bisa menampik kalau nuansa panas memang tersaji di pasar musik internasional sepanjang tahun 2014. Mungkin agak santai di awal tahun, namun menjelang akhir tahun sejumlah artis-artis ternama mulai mengelurkan deretan single dari album terbaru mereka untuk memanaskan dunia musik global. Sebut saja Lana Del Rey, Taylor Swift, hingga One Direction. Kali ini, gua bakal me-review album-album terfavorit dari tahun 2014 versi TheFAB. Check this out.

5. Ariana Grande - My Everything
Album kedua Ariana ini emang jadi salah satu yang paling ditunggu di tahun 2014. Kesuksesan "The Way" dan album pertamanya, "Yours Truly", menjadi salah satu penyebab banyak Arianators yang ngga sabar buat nunggu lagu-lagu di album ini. Dengan teknik promosi yang jitu dan lagu-lagu yang berkualitas, " My Everything" yang dirilis bulan Agustus 2014 ini berhasil memuncaki U.S. Billboard Top 200 Albums. Di album ini, Ari menghadirkan kolaborasi-kolaborasi dengan artis-artis lain seperti Zedd, Iggy Azalea, The Weeknd, dan masih banyak lagi. Track-track yang patut disimak ada Love Me Harder, Problem, Breakfree, dan Break Your Heart Right Back. Lewat album ini, Ari juga meraih nominasi Grammy pertamanya untuk kategori Best Pop Vocal Album.

4. Maroon 5 - V
Album kelima Maroon 5 ini menjadi salah satu pembicaraan panas menjelang akhir tahun 2014. Banyak yang mengecap kalau Adam Levine cs kehilangan jati diri yang telah mereka bangun sejak era Songs About Jane. Tapi, gua personally seneng dengan lagu-lagu di album ini. Dirilis Awal September via label Interscope, "V" menampilkan sisi pop yang funky dan fresh. Sedikit bumbu R&B di beberapa hits menjadikan album ini makin menarik untuk dikoleksi. Hasil eksperimen yang bisa dibilang berhasil. Berkat album ini juga, Maroon 5 kembali memuncaki U.S. Billboard Top 200 Albums. Track-track favorit gua diantaranya Animals (yang MV-nya super kontroversial), Sugar, Leaving California,  Maps, In Your Pocket, dan Shoot Love.

3. Sam Smith - In The Lonely Hour
Album yang satu ini emang bener-bener jenius. Menampilkan musik-musik mellow anti-mainsteam tapi bener-bener aditif saat kena telinga. Dirilis September 2014 via Capitol Record, In The Lonely Hour juga sukses melancarkan usaha Smith buat mengekspansi pasar musik Internasional. Track-track yang bisa menjadi daya tarik bagi album ini diantaranya ada Stay With Me, I'm Not The Only One, Like I Can, Money on My Mind, dan La La La. Sejauh ini, "Hour" udah terjual jutaan kopi di seluruh dunia. Gak cuma itu, album ini juga mengantarkan Sam Smith jadi salah satu peraih nominasi Grammy 2015 terbanyak dengan 6 nominasi sekaligus. Oh iya, "In The Lonely Hour" jadi salah satu kandidat kuat pemenang kategori Album of The Year dan Best Pop Vocal Album.

2. Taylor Swift - 1989
Album ini menandai era baru perjalanan musik Taylor Swift. Ngga era baru banget, sih. Intinya album ini menampilkan sisi pure-pop-nya Taylor Swift. Bekerja sama dengan nama-nama kawakan seperti Max Martin dan Shellback, Tay sukses mengukir imej sebagai salah satu penyanyi pop terdepan di tahun 2014 ini. Dirilis via label Big Machine, 1989 menghadirkan 13 track-track easy-listening dan juga favorable. Gak heran kalo album ini berhasil jadi nomer #1 U.S. Billboard Top 200 Albums selama 4 non-consecutive weeks. Track-track di album ini yang patut di-highlight adalah Shake It Off, Blank Space, Style, All You Had To Do Was Stay, dan How You Get The Girl. Anyway, Shake It Off dan Blank Space berhasil menjadi chart-topper di berbagai negara.

1. Ed Sheeran - X

Yap, album terbaik tahun ini menurut gua adalah "X" (baca: multiply)-nya Ed Sheeran. Hampir semua track di album ini patut diacungi jempol dengan keunikannya masing-masing. Menghadirkan genre-genre baru (sebut aja Sing atau Don't yang R&B banget) tanpa menghilangkan nuansa pop-folk dan ballad-ballad mellow ala Ed Sheeran. Album yang dirilis via Atlantic Records ini sukses membawa Ed Sheeran ke puncak U.S. Billboard Top 200 Albums.  Gak cuman itu, hasil kerja sama apiknya dengan Pharrell Williams juga sukses membawa "X" masuk jajaran album yang memanaskan Grammy 2015 untuk kategori Album of The Year dan Best Pop Vocal Album. Track-track outstanding dari album ini diantaranya ada Don't, Thinking Out Loud, One, Afire Love, dan masih banyak lagi. So, gua dengan yakin menobatkan "X" sebagai album terbaik tahun ini versi gua sendiri :)

Awkay, itu tadi 5 album terbaik di tahun 2014 ini menurut gua. Kurang setuju? Leave a comment, guys. Kalo setuju, boleh di-share juga kali. Hahahah.

Comments

Popular Posts