Best 2014 New Artist

Bicara soal 2014, tahun ini menjadi tahun yang luar biasa bagi dunia musik internasional. Banyak kejutan yang terjadi, album-album yang menarik untuk disimak, dan yang ngga kalah menarik, kemunculan artis-artis baru dengan keunikan dan talent di atas rata-rata yang menambah warna di industri musik. Kali ini, gua bakalan bahas musisi-musisi baru yang berhasil mencuri perhatian publik lewat hits-hits apik mereka.

1. Iggy Azalea
2014 memang tahunnya Iggy Azalea. Rapper asal Australia ini sukses menarik animo penikmat musik global dengan gaya rap yang khas dan eksentrik. Perjalanan karir Iggy Azalea di tahun 2014 ini terbilang cukup mulus dan tertata rapi. Dimulai dari bekerja sama dengan Ariana Grande dalam hits "Problem" dan sanggup duduk di posisi #2 U.S. Billboard Hot 100, nongkrong di puncak bareng Charli XCX dengan "Fancy"-nya, hingga meraih Top 10 Billboard keduanya sebagai lead artist dengan "Black Widow"-nya. Ga cuma itu, Iggy juga bantuin T.I. dalam penggarapan hits "No Mediocre". Tahun 2014 juga menandai tahun perilisan studio album pertamanya, The New Classic, yang sempat menempati posisi #2 di U.S. Billboard Top 200 Album. Dengan catatan-catatan gemilang ini, Iggy Iggs menjadi salah satu kandidat kuat penerima penghargaan Grammy untuk kategori Best New Artist tahun depan.

2. MAGIC!
 
MAGIC! berhasil mengejutkan penikmat musik global dengan hitsnya yang terbilang berbeda dari kebanyakan chart-topper pada umumnya. Band beraliran reggae asal Kanada ini sempat menyedot animo pecinta musik dengan "Rude"-nya. Tidak ada mengira bahwa hits yang satu ini bakalan membawa kesuksesan bagi Nasri cs. "Rude" berhasil mendesak hingga puncak U.S. Billboard Hot 100, stay selama 6 minggu berturut-turut, sekaligus menjadi lagu bergenre reggae pertama yang mampu duduk di tahta jawara setelah beberapa tahun lamanya. Tahun ini juga menjadi tahun yang spesial karena MAGIC! juga merilis studio album perdananya, "Don't Kill The Magic" yang juga menjadi buruan para pecinta musik internasional.

3. Sam Smith
 
Sam Smith hadir dan menggebrak dunia musik global dengan suaranya yang khas dan manis. Pria berusia 22 tahun ini sukses menjadi salah satu musisi British yang berhasil melakukan ekspansi ke pasar musik Amerika. Sam Smith mulai dikenal luas publik musik setelah bekerja sama dengan Naughty Boy di lagu "La La La" yang sanggup stay di posisi #1 U.K. Singles Chart tahun lalu.

Smith memulai ekspansinya di US lewat kerja samanya dengan DJ asal Inggris, Disclosure dalam lagu "Latch" yang berhasil sampai di posisi #10 U.S. Billboard Hot 100. Tidak hanya sampai di situ, Smith semakin menggencarkan serangannya lewat lagu-lagu dari studio album pertamanya 'In The Lonely Hour'. Terbukti, Stay With Me dan I'm Not The Only One dari album tersebut sanggup duduk di posisi #2 dan #5 U.S. Billboard Hot 100. Ga heran, Sam Smith jadi salah satu peraih nominasi terbanyak dalam gelaran Grammy Awards tahun depan.

4. Meghan Trainor
 

Nama lain yang ngga kalah mentereng di tahun 2014 ini adalah Meghan Trainor. Cewek yang baru aja menginjak usia 21 tahun pada 22 Desember lalu ini muncul dan menyedot perhatian masyarakat dengan hits "All About That Bass"-nya. Trainor punya swag yang khas dan sanggup membawakan lagu-lagu bergenre doo-woop dengan unik dan apik. "Bass" yang merupakan breaktrough single-nya, sanggup mendominasi U.S. Billboard Hot 100 selama 8 minggu berturut-turut, yang terlama diantara artis-artis lain dari label Epic Record. Ngga cuma sampai di situ, Trainor kemudian menikmati posisi Top 10 keduanya berkat "Lips Are Movin" yang sanggup mencapai posisi #4 U.S. Billboard Hot 100. Selain merilis single-single doo-woop yang asik dan anti-mainstream, Trainor juga merilis satu extended play (EP) sebagai pemanasan untuk studio album perdananya, Title. Catatan positif ini berhasil melahirkan sejumlah nominasi Grammy Awards 2015 baginya, sebut saja nominasi Record of The Year dan Song of The Year.

5. Milky Chance
 
Salah satu yang juga menjadi sorotan penikmat musik di tahun 2014 ini adalah Milky Chance. Duo asal Jerman ini berhasil membius kita dengan hits-hits electro-folk dan alternative-nya. Yang paling terkenal adalah "Stolen Dance" yang sanggup menjadi trend sana-sini. Melodi yang sebetulnya sederhana, namun catchy luar biasa menjadi senjata andalan lagu ini. Gak heran juga kalau lagu ini sanggup merapat hingga posisi #41 di U.S. Billboard Hot 100. Dausch dan Rehbein juga merilis studio album perdana mereka "Sadnecessary". Meskipun Milky Chance ngga sementereng artis-artis sebelumnya di list ini, gua tetep mau meng-highlight mereka karena kesuksesannya membawa musik anti-mainstream dan memberi warna tersendiri di pasar musik internasional. Good job.

Itu tadi musisi-musisi internasional yang berhasil muncul ke permukaan dan mencuri perhatian publik lewat lagu-lagu dan album mereka. Semuanya tentu aja ngga instan dan butuh proses yang lama agar mereka bisa sampai di titik ini. Gua harap musisi-musisi yang ada bisa makin kreatif dalam menciptakan musik-musik berkualitas dan terus survive di industri musik global karena persaingan bakal semakin ketat dengan musisi-musisi baru yang terus berdatangan. 

Comments

Popular Posts